Kamis, 30 Maret 2017

ILMU KOMPUTER

Archive for the ‘Ilmu tentang komputer’ Category

Organisasi & Arsitektur Komputer

Komputer adalah sebuah mesin hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi yang tersimpan dalam  komputer  tersebut  dan menghasilkan keluaran informasi  yang  dihasilkan setelah diolah.
Daftar perintah tersebut dinamakan program komputer dan unit penyimpanannya adalah memori komputer.

Komputer terdiri dari lima bagian utama yang mempunyai fungsi sendiri-sendiri.
Unit-unit tersebut yaitu:
  • Masukan
  • Memori
  • Aritmetika dan Logika
  • Keluaran
  • Kontrol

Fungsi unit-unit :
  • Masukan, menerima informasi yang dikodekan dari operator manusia lewat alat-aloat elektromekanik seperti  papan ketik  pada  suatu terminal  video, atau dari  komputer-komputer  lain lewat  jalur  komunikasi  digital
  • Memori, tempat untuk menyimpan langkah-langkah pengolahan yang ditentukan oleh program
  • Aritmetika dan Logika, mengolah informasi yang diterima dan disimpan dalam memori untuk dipergunakan kelak melaksanakan operasi yang diinginkan
  • Keluaran, mengeluarkan akhir dari hasil-hasil yang diperoleh dikirimkan kembali
  • Kontrol, pengkoordinasi seluruh kegiatan

Struktur Komputer
Struktur  internal  komputer terdapat empat struktur utama:
  • Central  Processing Unit  (CPU), berfungsi  sebagai  pengontrol  operasi  komputer  dan pusat  pengolahan fungsi  – fungsi  komputer. Kesepakatan, CPU  cukup disebut  sebagaiprocessor (prosesor) saja.
  • Memori Utama, berfungsi sebagai penyimpan data.
  • I/O, berfungsi memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat lainnya.
  • System  Interconnection, merupakan sistem  yang  menghubungkan CPU, memori  utama dan I/O.

Fungsi Komputer
  • Fungsi Operasi Pengolahan Data
  • Fungsi Operasi Penyimpanan Data
  • Fungsi Operasi Pemindahan Data
  • Fungsi Operasi Kontrol

Kinerja Komputer
Kinerja  sebuah sistem  komputer  merupakan hasil proses  dari  seluruh komponen komputer, yang  melibatkan CPU, memori  utama, memori  sekunder, bus, peripheral.
Dari  segi perkembangan program aplikasipun sangat menakjubkan. Aplikasi dekstop yang hampir dimiliki semua sistem komputer saat ini meliputi :
  •  Pengolahan citra
  • Pengenalan voice atau pembicaraan
  • Video conference
  • Mulitimedia
  • Transfer data

Yang  menakjubkan lagi  adalah dari  sudut  pandang  organisasi  dan arsitektur  komputer saat  ini  adalah mirip dengan komputer  IAS  yang  dibuat  sekitar  50 tahun lalu, namun perkembangan dan kecanggihannya  dapat  kita  rasakan sekarang  ini.

Peningkatan kinerja mikroprosesor  ini  terus  berlanjut  tidak  kenal  henti  dengan berbagai  teknik  yang  telah dikembangkan, diantaranya :
  •  Branch Prediction, teknik dimana prosesor memungkinkan mengamati terlebih dahulu di dalam software  dan melakukan prediksi  percabangan atau kelompok  instruksi  yang  akan dieksekusi berikutnya.
  • Data Flow Analysis, prosesor akan menganalisa instruksi – instruksi yang tidak tergantung pada hasil atau data lainnya untuk membuat penjadwalan yang optimum dalam eksekusi.
  • Speculative  Execution, dengan modal  prediksi  cabang  dan analisis  data, maka  prosesor  dapat melakukan eksekusi spekulatif terlebih dahulu sebelum waktunya.

Organisasi Komputer
Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya.

Contoh Organisasi Komputer
  • Teknologi hardware
  • Perangkat antarmuka
  • Teknologi memori
  • Sistem memori
  • Sinyal – sinyal kontrol

Arsitektur Komputer
Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.

Contoh Arsitektur Komputer
  • Set instruksi
  • Aritmetika yang dipergunakan
  • Teknik pengalamatan
  • Mekanisme I/O

Perbedaan Utama
Organisasi Komputer
  •  Bagian yang terkait dengan erat dengan unit – unit operasional
  • Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal – sinyal kontrol
Arsitektur Komputer
  • Atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
Contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O

RISC AND CISC

Sejarah RISC
Proyek RISC pertama dibuat oleh IBM, stanford dan UC –Berkeley pada akhir tahun 70 dan awal tahun 80an. IBM 801, Stanford MIPS, dan Barkeley RISC 1 dan 2 dibuat dengan konsep yang sama sehingga dikenal sebagai RISC

Pengertian RISC
  • RISC: singkatan dari Reduced Instruction Set Computer.
  • Merupakan bagian dari arsitektur mikroprosessor, berbentuk kecil dan berfungsi untuk mengeset instruksi dalam komunikasi diantara arsitektur yang lainnya

Karakteristik RISC
  • Siklus mesin ditentukan oleh waktu yang digunakan untuk mengambil dua buah operand dari register
  • Operasi berbentuk dari register-ke register yang hanya terdiri dari operasi load dan store yang mengakses memori
  • Penggunaan mode pengalamatan sederhana
  • Penggunaan format-format instruksi sederhana

Ciri-ciri
  • Instruksi berukuran tunggal
  • Ukuran yang umum adalah 4 byte
  • Jumlah pengalamatan data sedikit,
  • Tidak terdapat pengalamatan tak langsung
  • Tidak terdapat operasi yang menggabungkan operasi load/store dengan operasi aritmatika
  • Tidak terdapat lebih dari satu operand beralamat memori per instruksi
  • Tidak mendukung perataan sembarang bagi data untuk operasi load/ store.
  • Jumlah maksimum pemakaian memori manajemen bagi suatu alamat data adalah sebuah instruksi .

Pengaplikasian RISC yaitu pada CPU Apple



Pengertian CISC
  • Complex Instruction Set Computing (CISC) atau kumpulan instruksi komputasi kompleks. Adalah suatu arsitektur komputer dimana setiap instruksi akan menjalankan beberapa operasi tingkat rendah

Karakteristik CISC
  • Sarat informasi memberikan keuntungan di mana ukuran program-program yang dihasilkan akan menjadi relatif lebih kecil, dan penggunaan memory akan semakin berkurang. Karena CISC inilah biaya pembuatan komputer pada saat itu (tahun 1960) menjadi jauh lebih hemat
  • Dimaksudkan untuk meminimumkan jumlah perintah yang diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan yang diberikan. (Jumlah perintah sedikit tetapi rumit) Konsep CISC menjadikan mesin mudah untuk diprogram dalam bahasa rakitan

Ciri-ciri
  • Jumlah instruksi banyak
  • Banyak terdapat perintah bahasa mesin
  • Instruksi lebih kompleks

Pengaplikasian CISC yaitu pada AMD dan Intel


Perbedaan CISC dan RISC
dilihat dari segi instruksinya   :
¨  RISC ( Reduced Instruction Set Computer )
  • – Menekankan pada perangkat lunak, dengan sedikit transistor
  • – Instruksi sederhana bahkan single
  • – Load / Store atau memory ke memory bekerja terpisah
  • – Ukuran kode besar dan kecapatan lebih tinggi
  • – Transistor didalamnya lebih untuk meregister memori
¨  CISC ( Complex Instruction Set Computer )
  • – Lebih menekankan pada perangkat keras, sesuai dengan takdirnya untuk pragramer.
  • – Memiliki instruksi komplek. Load / Store atau Memori ke Memori bekerjasama
  • – Memiliki ukuran kode yang kecil dan kecepatan yang rendah.
  • – Transistor di dalamnya digunakan untuk menyimpan instruksi – instruksi bersifat komplek

Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia

Perkembangan teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, sehingga akhirnya akan meningkatkan produktivitas. Perkembangan teknologi informasi memper-lihatkan bermunculannya berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi ini, seperti egovernment, e- commerce, e-education, emedicine, e-laboratory, dan lainnya, yang kesemuanya itu berbasiskan elektronika.


Peran Teknologi Informasi
Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya. Teknologi informasi banyak berperan dalam bidang-bidang antara lain :


Bidang pendidikan (e-education).
Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka (Mukhopadhyay M., 1995). Sebagai contoh kita melihat di Perancis proyek “Flexible Learning”. Hal ini mengingatkan pada ramalan Ivan Illich awal tahun 70-an tentang “Pendidikan tanpa sekolah (Deschooling Socieiy)”yang secara ekstrimnya guru tidak lagi diperlukan.

Kecenderungan dunia pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah:
– Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning).Kemudahan untuk menyelenggarakan pendidikan terbuka dan jarak jauh perlu dimasukan sebagai strategi utama.
– Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan
– Perpustakaan & instrumen pendidikan lainnya (guru, laboratorium) berubah fungsi menjadi sumber informasi daripada sekedar rak buku.
– Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video.

Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya, melihat nilai mahasiswa secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan berkas tugas yang diberikan dosen dan sebagainya, semuanya itu sudah dapat dilakukan.


Dalam Bidang Pemerintahan (egovernment).
E-government mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan intranet dan internet, yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Bisa merupakan suatu proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistem otomasi dan jaringan internet, lebih umum lagi dikenal sebagai world wide web. Pada intinya egovernment adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C (Governmet to Citizen), G2B (Government to Business), dan G2G (Government to Government).

Manfaat e-government yang dapat dirasakan antara lain:
(1)  Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat.
(2)  Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum.
(3)  Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh.
(4)  Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien.


Bidang Keuangan dan Perbankan
Saat ini telah banyak para pelaku ekonomi, khususnya di kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam transaksi pembayarannya, tetapi telah memanfaatkan layanan perbankan modern.

Layanan perbankan modern yang hanya ada di kota-kota besar ini dapat dimaklumi karena pertumbuhan ekonomi saat ini yang masih terpusat di kota-kota besar saja, yang menyebabkan perputaran uang juga terpusat di kota-kota besar. Sehingga sektor perbankan pun agak lamban dalam ekspansinya ke daerah-daerah. Hal ini sedikit banyak disebabkan oleh kondisi infrastruktur saat ini selain aspek geografis Indonesia yang unik dan luas.

Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan/perbankan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan bergantung pada teknologi informasi online, sebagai contoh, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.

Pengembangan teknologi dan infrastruktur telematika di Indonesia akan sangat membantu pengembangan industri di sektor keuangan ini, seperti perluasan cakupan usaha dengan membuka cabang-cabang di daerah, serta pertukaran informasi antara sesama perusahaan asuransi, broker, industri perbankan, serta lembaga pembiayaan lainnya.

Institusi perbankan dan keuangan telah dipengaruhi dengan kuat oleh pengembangan produk dalam teknologi informasi, bahkan mereka tidak dapat beroperasi lagi tanpa adanya teknologi informasi tersebut. Sektor ini memerlukan pengembangan produk dalam teknologi informasi untuk memberikan jasajasa mereka kepada pelanggan mereka.

Semoga bermanfaat ðŸ™‚

ETIKA PROFESI

Pengertian Etika
•Berasal dari Yunani -> “ethos” artinya karakter, watak kesusilaan atau adat.
•Fungsi etika:
–Sebagai subjek : Untuk menilai apakah tindakan-tindakan yang telah dikerjakan itu salah atau benar, buruk atau baik.
–Sebagai Objek : cara melakukan sesuatu (moral).
•Menurut Martin (1993), “etika adalah tingkah laku sebagai standart yang mengatur pergaulan manusia dalam kelompok sosial”.
•Dalam Kaitannya dengan pergaulan manusia maka etika berupa bentuk aturan yang dibuat berdasarkan moral yang ada.


Tujuan Etika
•Untuk mendapatkan konsep mengenai penilaian baik buruk manusia sesuai dengan norma-norma yang berlaku.
–Pengertian baik:
•Segala perbuatan yang baik.
–Pengertian buruk:
• segala perbuatan yang tercela.


Faktor-faktor tindakan melanggar etika
•Kebutuhan Individu
–Merupakan faktor utama penyebab terjadinya tindakan tidak etis karena tidak tercukupinya kebutuhan pribadi dalam kehidupan.
•Tidak ada pedoman
–Tidak punya penuntun hidup sehingga tidak tahu bagaimana melakukan sesuatu.
•Perilaku dan kebiasaan Individu
–Perilaku kebiasaan individu tanpa memperhatikan faktor lingkungan dimana individu tersebut berada.


Etika penggunaan IT
-Etika secara umum didefinisikan sebagai suatu kepercayaan atau pemikiran yang mengisi suatu individu, yang keberadaan nya bisa dipertanggungjawabkan kepada masyarakat atas perilaku yang diperbuat.
-Moral adalah tradisi kepercayaan mengenai perilaku benar dan salah yang diakui oleh masyarakat secara universal. Perbedaanya bahwa etika akan menjadi bebeda dari masyarakat satu dengan masyarakat yang lain.


Tiga alasan utama minat masyarakat yang tinggi pada etika komputer
-Kelenturan logis (logical malleability)
-Faktor transformasi (transformation factors)
-Faktor tak kasat mata (invisibility factors)


Etika pemanfaatan IT
dampak pemanfaatan teknologi informasi yang kurang tepat sebagai berikut :
-Rasa takut
-Keterasingan
-Golongan Informasi dan minoritas
-Pentingnya Individu
-Tingkat kompleksitas serta kecepatan yang sudah tidak dapat ditangani
-Makin rentannya organisasi
-Dilarangnya privasi
-Pengangguran dan pemindahan kerja
-Kurangnya tanggung jawab profesi
-Kaburnya citra manusia


Beberapa langkah untuk menghadapi dampak pemanfaatan IT
-Desain yang berpusat pada manusia
-Dukungan organisasi
-Perencanaan pekerjaan
-Pendidikan
-Umpan balik dan imbalan
-Meningkatkan kesadaran publik
-Perangkat hukum
-Riset yang maju.


Beberapa langkah dalam mengelompokkan perilaku dan menekankan standar etika berupa :
*Formulasikan suatu kode perilaku;
*Tetapkan aturan prosedur yang berkaitan dengan masalah-masalah seperti penggunaan jasa komputer untuk pribadi dan hak milik atas program dan data komputer;
*Jelaskan sanksi yang akan diambil terhadap pelanggar, seperti tenguran, penghentian, dan tuntutan;
*Kenali perilaku etis;
*Fokuskan perhatian pada etika secara terprogram seperti pelatihan dan bacaan yang disyaratkan;
*Promosikan undang-undang kejahatan komputer pada karyawan. Simpan suatu catatan formal yang menetapkan pertanggungjawaban tiap spesialis informasi untuk semua tindakan, dan kurangi godaan untuk melanggar dengan program-program seperti audit etika.
*Mendorong penggunaan program rehabilitasi yang memperlakukan pelanggar etika dengan cara yang sama seperti perusahaan mempedulikan pemulihan bagi alkoholik atau penyalahgunaan obat bius;
*Dorong partisipasi dalam perkumpulan profesional;
*Berikan contoh.


Dari materi etika profesi ini, kita menjadi lebih tahu cara ber-etika yang baik khususnya pada dunia IT, semoga materi ini bermanfaat ðŸ™‚

Keamanan Komputer

Dalam dunia komunikasi data global dan perkembangan teknologi informasi yang senantiasa berubah serta cepatnya perkembangan software, keamanan merupakan suatu isu yang sangat penting, baik itu keamanan fisik, keamanan data maupun keamanan aplikasi.
Perlu kita sadari bahwa untuk mencapai suatu keamanan itu adalah suatu hal yang sangat mustahil, seperti yang ada dalam dunia nyata sekarang ini. Tidak ada satu daerah pun yang betul-betul aman kondisinya, walau penjaga keamanan telah ditempatkan di daerah tersebut, begitu juga dengan keamanan sistem komputer. Namun yang bisa kita lakukan adalah untuk mengurangi gangguan keamanan tersebut.


Pengertian keamanan komputer
Pengertian tentang keamanan komputer ini beragam-ragam, sebagai contoh dapat kita lihat beberapa defenisi keamanan komputer menurut para ahlinya, antara lain :
Menurut John D. Howard dalam bukunya “An Analysis of security incidents on the internet” menyatakan bahwa :
Keamanan komputer adalah tindakan pencegahan dari serangan pengguna komputer atau pengakses jaringan yang tidak bertanggung jawab.
Menurut Gollmann pada tahun 1999 dalam bukunya “Computer Security” menyatakan bahwa : Keamanan komputer adalah berhubungan dengan pencegahan diri dan deteksi terhadap tindakan pengganggu yang tidak dikenali dalam system komputer.












Dalam mengamankan komputer pun memiliki banyak cara, saya akan merangkum dan menampilkan hal-hal yang penting dalam mengamankan komputer dalam 9 cara, yaitu:
1. Upgrade Sistem Operasi
Meng-upgrade sistem operasi ke yang lebih baru, setidaknya tetap mengikuti program terakhir yang disediakan.
  • Pengguna Microsoft Windows XP meng-upgrade ke Microsoft Windows XP Service Pack (SP) 2.
  • Untuk pengguna Microsoft Windows 95/98/ME/NT, disarankan meng-upgrade ke yang lebih tinggi.
  • Menutup celah keamanan pada sistem operasi dengan memasang security patch terkini.
2. Gunakan Firewall
Firewall membantu melindungi komputer dari hacker jahat, worm, dan beberapa spyware.
3. Install Antivirus
Antivirus melindungi kita dari akses virus pada komputer dan serangan-serangan jahat lain seperti trojan danworm. Antivirus bisa mencari virus, trojan, dan worm yang berdiam di komputer dan melakukan pemindai terhadap email yang masuk maupun email yang keluar. Yang terpenting adalah:
  • Pastikan Antivirus anda selalu diset untuk meng-update pengetahuannya tentang virus-virus terbaru.
  • Pastikan juga program Antivirus anda adalah versi yang terakhir.
  • Jangan membuka attachment email dari orang yang tidak anda kenal.
  • Lakukan pemindai (scanning) terhadap removable device seperti hard disk external, USB disk, maupun CD/DVD yang terkadang mengaktifkan auto-run.
4. Selalu Update
Sama seperti sistem operasi, piranti lunak yang terus di-update akan terbebas dari masalah kelemahan keamanan. Selain itu, gunakan program-program terkini agar terus mengikuti perkembangan keamanan program.
5. Mencegah Spyware
Spyware adalah program kecil yang hinggap di komputer kita untuk merekam dan mengirimkan semua data-data dan kegiatan yang terjadi di komputer, tentunya hanya kegiatan yang diinginkan si pembuatlah yang direkam, seperti aktivitas keyboard oleh keylogger.
Mencegah spyware dapat dilakukan dengan:
  • Waspada terhadap file yang anda buka atau download lewat internet atau email.
  • Jangan menginstall program yang tidak jelas pembuatnya.
  • Jangan sembarangan berselancar ke situs yang memiliki tingkat risiko tinggi. Sebagai contoh: Banyak situs porno yang mengandung spyware.
Menghilangkan spyware bisa menggunakan program AntiSpyware seperti Windows DefenderAd-Aware,Spybot Search & Destroy, dll lalu lakukan pemindai di seluruh komputer. Yakinkan program selalu melakukan update otomatis dan memindai komputer setiap hari sebelum anda memulai kerja.
6. Amankan Koneksi Nirkabel (Wireless)
Apabila anda memiliki jaringan nirkabel, selalu ikuti dokumentasi instalasi dan :
  • Gunakan MAC filtering untuk membatasi penggunaan pada komputer yang dipercaya saja.
  • Gunakan enkripsi WPA atau WPA2 yang lebih aman untuk mengurangi risiko penyadapan.
7. Membatasi Resiko Email Spam
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko terhadap spam:
  • Jangan meng-klik apapun terhadap email yang telah diidentifikasi sebagai spam.
  • Pisahkan antara email pribadi / kantor dengan email yang digunakan khusus untuk melakukan registrasi online.
  • Gunakan email client yang sudah terintegrasi dengan spam filter atau pasang program spam filter.
8. Backup
Selalu backup file-file penting dan simpan di tempat lain yang aman, pastikan file-file terbackup dengan baik dan tidak mengandung malware.
9. Keamanan Fisik
  • Buat tanda “keamanan” pada komputer anda dan benda lain yang anda anggap penting, agar selalu ingat bahwa barang tersebut butuh keamanan.
  • Pastikan tidak meninggalkan catatan-catatan kecil di sembarang tempat.
  • Catat setiap nomor serial dan jangan sampai orang lain tahu.
  • Pastikan pintu rumah, jendela, garasi terkunci dengan baik. Alat pendeteksi gerak dan alarm meningkatkan pengamanan rumah anda.
  • Jangan biarkan komputer terlihat dari luar rumah, tentu akan mengundang pencuri.
  • Pakai kunci pengaman tambahan untuk laptop, misal: fingerprint, usb dongle, dll.
  • Gunakan tas yang memiliki pengaman tambahan untuk laptop.
  • Hati-hati saat kendaraan anda mengalami gangguan dijalan, misal: ban bocor, yang seringkali dimanfaatkan oleh penjahat untuk mencuri laptop anda.


MENCEGAH KOMPUTER DARI VIRUS
Apakah komputer anda terkena Virus? Apakah anda menemukan pesan aneh di layar anda yang sebelumnya tidak muncul? Apakah anda merasa komputer anda semakin lama semakin lambat? Baik, ini adalah masalah umum yang ditemukan oleh pemilik komputer di seluruh dunia. Terdapat berbagai virus dan worm di luar sana yang dapat menginfeksi komputer anda.
Beberapa efek yang ditimbulkan virus sangat beragam. Ada pada kategori level biasa saja, artinya hanya memperngaruhi kinerja sistem pada komputer anda. Pada level yang lebih tinggi virus juga dapat menghapud data-data penting anda. Sangat fatal sekali, bahkan virus juga dapat merusak sistem komputer anda. Untuk komputer yang terhubung jaringan, bisa jadi virus dapat mengubah komputer anda sebagai komputer zombie (komputer yang dikuasai oleh orang lain).
Bagaimana, mengerikan bukan efek dari serangan virus pada komputer anda. Tip-tip di bawah ini mungkin perlu anda ketahui untuk menanggulangi atau paling tidak mencegah serangan virus dari luar.
1. E-mail adalah satu cara penyebaran virus yang paling mudah dan paling berbahaya. Pastikan anda membuka e-mail dari sumber yang anda pastikan kebenaranya. Jika e-mail yang anda dapatkan berasal dari sumber yang anda tidak ketahui atau tidak berasal dari daftar kontak yang anda miliki, segera hapus e-mail tersebut. Pastikan daftar SPAM yang masuk segera dikosongkan. Jangan sekali kali untuk membukanya.
2. USB Flash disk adalah metode penyebaran virus paling banyak kedua setelah e-mail. Jadi pastikan anti virus anda terupdate dengan baik sebelum USB Flash Disk masuk terhubung di komputer anda. Scan terlebih dahulu sebelum dibuka. Cara membukanya juga jangan di double klik, tapi dengan klik kanan kemudian pilih Open. Cara ini lebih aman untuk menghindari virus yang masuk melalui autoruns yang disertakan dalam USB Flash Disk.
3. Hati-hati menggunakan program e-mail client misalnya Microsoft Outlook. Pastikan program tersebut terupdate dengan baik. Jika sistem operasi yang anda gunakan adalah bajakan, saya menyarankan anda menggunakan e-mail client yang sifatnya free dan dapat update secara otomatis, misalnya Mozilla Thunderbird atau Pegasus.
4. Semua orang pasti mengetahui internet adalah sumber penyebaran virus terbesar di dunia. Hampir 80% virus disebarkan melalui jalur itu. Berikut tip aman saat anda melakukan selancar di ranah dunia internet: – Jangan melakukan klik pada jendela pop-up yang ditampilkan. Misalnya pemberitahuan bahwa anda adalah pemenang sebuah undian atau klik beberapa kali makan anda akan menang sebuah undian. Sebenarnya itu adalah program jahat yang otomatis akan mengirim trojan atau spyware ke komputer anda. – Anda dapat menggunakan fitur atau program atomatis blok pada pop-up yang akan ditampilkan. Fitur ini biasanya sudah disertakan dalam web browser yang anda gunakan.
5. Mesin pencari, misalnya Google terkadang tidak dapat menyaring situs-situs yang dianggap sebagai berbahaya. Untuk itu anda dapat menginstal sebuah program yang dapat mendeteksi otomatis situs- situs yang tidak layak dikunjungi atau berbahaya. Program gratis yang dapat anda gunakan adalah AVG Link Scanner. Program gratis buatan AVG ini mampu mendeteksi situs-situs hasil pencarian google. Jika situs tersebut mengandung virus berbahaya, maka akan ditampilkan peringatan atau situs tersebut akan otomatis diblok tidak dapat dibuka.
6. Install anti virus yang dapat anda percaya. Tidak harus anti virus berbayar, untuk pengguna rumahan/pribadi anda dapat menggunakan anti virus free yang tidak kalah populer dengan anti virus berbayar, misalnya Avira, AVG, Clamav, dan lain-lain. Pastikan anda melakukan update secara rutin untuk menjamin anti virus yang anda install mampu menahan virus yang semakin lama semakin berkembang kemampuanya.
7. Instal juga anti Spyware untuk mencegah masuknya Malware dan spyware. Kedua program jahat tersebut selain dapat membuat komputer berjalan lambat, juga dapat mengahantarkan komputer anda sebagai komputer zombie yang dapat dikendalikan orang- orang di luar sana. Beberapa program anti spyware gratis yang cukup terkenal adalah Spyware Doctor, Spyware Terminator, dll
8. Jangan pernah membuka lampiran yang disertakan dalam e-mail dari sumber yang tidak diketahui dengan baik. Meskipun lampiran file yang disertakan adalah format file yang jarang membawa virus seperti .txt, .jpeg, .gif, .bmp, .tif, .mp3, .htm, .html, and .avi, namun pastikan anda melakukan scan terlebih dahulu.
9. Gunakan disk (CD/DVD) untuk mengimpan/membackup data- data penting agar tidak mudah terinfeksi virus. CD/DVD sifatnya hanya read only (hanya dapat dibaca), namun pastikan sebelum dipindahkan kedalam disk, data telah terbebas dari virus. Karen jika datanya bervirus, maka percuma saja disimpan di dalam disk.
10. Atur sistem operasi yang anda gunakan agar selalu melakukan update secara rutin. Ini dapat mengurangi resiko serangan virus dari luar karena celah masuknya virus telah ditutup oleh update yang anda lakukan. Namun update hanya dapat berhasil jika sistem operasi yang anda gunakan adalah asli. Jika tidak saya sarankan gunakan sistem operasi yang gratis misalnya linux.
11. Ketika anda mendownload program-program dari situs warez, pastikan anti virus anda terpasang dan terupdate dengan baik. File yang berasal dari situs-situs tersebut kadang sengaja disusupi oleh virus yang berbahaya.
12. Terakhir saya sarankan, jangan mengunjungi situs-situs berbahaya yang mengandung virus dan program-program jahat yang dapat membahayakan komputer anda sendiri, misalnya situs warez, crack, serial, porno, dan lain-lain.
Demikian 12 tip yang dapat anda lakukan untuk mengamankan komputer anda dari serangan virus. Satu hal yang perlu anda pahami “menjaga/merawat lebih baik dibanding menyembuhkan”.
terima kasih, semoga bermanfaat  ðŸ™‚

Langkah-langkah membuat logo jtv



  • Ø Cari gambar logo Jtv di internet agar memudahkan kita menyamakan logo yang kita buat dengan bentuk aslinya
  • Ø Buka Corel anda, lalu buat lingkaran lonjong keatas, berjumlah 2 yang satu besar yang lain agak lebih kecil
  • Ø Tempatkan lingakaran yang lebih kecil kedalam lingkaran yang lebih besar, atur agak ke sisi kiri lingkaran besar
  • Ø Pilih Arrange-shaping-dan pilih Trim, geser dan hapus lingkaran kecil, hasilnya lingkaran besar akan lubang sepeti membentuk huruf “J”, lalu warnai dengan warna merah tua
  • Ø Lalu buat lingkaran untuk titik diatasnya
  • Ø Untuk membuat tulisan “TV” dengan Basic shapes, yaitu dengan membuat 2 jajaran genjang yang akan dibuat bentuk setengah “V”, lalu copy paste bentuk tersebut dan atur sehingga menjadi pasangan huruf “V” tersebut
  • Ø Untuk Huruf “T”saya memakai 2 persegi panjang yang diletakan sepeti huruf “L”, lalu sudut sikunya dipotong dengan Crop tool menjadi agak melengkung
  • Ø Buat persegi panjang lagi agar huruf “L” tadi bias menjadi “T”, tapi dibuat agak panjang agar bias menempel pada huruf “V” dan melebihi huruf “J”
  • Ø Gabungkan huruf “V” dan”T” dengan Trim, dan warnai dengan warna biru tua
  • Ø Atur sehingga mejadi persis logo aslinya
  • Ø Bias juga copy ke Photoshop untuk member efek 3D dengan cara Ptong ganbar dengan larsoo tool-Layer- layer Style- Blemding options- lalu atur
  • Ø atau pewarnaan yang lebih baik( seperti warna gradient, atau memberi efek Blur pada logo tersebut)
  • Ø Save as gambar ganti format JPEG
Logo telah jadi dibuat
silahkan mencoba ðŸ™‚

Basis Data












Pengertian Sistem : Kumpulan elemen-elemen atau komponen-komponen yang saling berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu

Pengertian Data : Fakta mengenai objek, orang, peristiwa, dan lain-lain.

Pengertian Informasi : Data yang telah diolah dan memberikan makna/manfaat bagi penggunanya.

Pengolahan Data
-Agar Data dapat berarti bagi penggunanya perlu untuk diolah dengan cara tertentu melalui Pengolahan Data.
-Pengolahan data terdiri dari 4 komponen : Input, Proses, Output, Penyimpanan.

PENGERTIAN SISTEM BASIS DATA
Sekumpulan subsistem/komponen yang saling berinteraksi untuk mendukung ketersediaan basis data.

Subsistem atau komponen dari sistem basis data terdiri dari :
-Basis data
-Perangkat lunak (software) untuk merancang dan mengelola basis data
-Perangkat keras (hardware) sebagai pendukung pengelolaan basis data
-Manusia (brainware) merupakan pemakai basis data, atau perancang basis data

Aplikasi Basis Data 
-Industri manufaktur : produksi, persediaan, pemesanan
-Manajemen rumah sakit: registrasi, rekam medis, perawatan
-Manajemen perpustakaan : seluruh transaksi
-Perhotelan: seluruh transaksi
-Perbankan : melayani seluruh transaksi
-Perguruan tinggi : Mahasiswa, keuangan, akuntansi, lulusan
-Penerbangan : reservasi, jadwal penerbangan
-Penjualan : pelanggan, produk, penjualan, pemasaran
-Personalia : rekaman karyawan, gaji, pajak
-Dan lain-lain

Pentingnya Basis Data
-Perkembangan volume data yang diolah menyebabkan kebutuhan akan pengelolaan data secara terpadu dengan bantuan peralatan komputer
-Agar dapat menyajikan informasi yang cepat dan akurat, karena idealnya basis data yang diciptakan mendukung SIM dalam menyajikan informasi yang cepat dan akurat kepada pimpinan.

File System : Kumpulan file yang diakses oleh program aplikasi.

Pengguna Basis Data :
-Administrator Basis Data (DBA)
-Perancang Basis Data
-Pemrogram dan Analis Sistem
-Pengguna Aplikasi (End Users)

TEKANAN DALAM BASIS DATA
Yang dimaksud dengan Tekanan dalam basis data adalah hal-hal/aturan yang sepatutnya diikuti sebagai standar untuk menyebut data sebagai basis data. Aturan yang dimaksud sebagai berikut :
-Tidak terjadi Kerangkapan Data
-Tidak menimbulkan Inkonsistensi Data
-Tidak menimbulkan Isolasi Data.
-Tidak terjadi Kerangkapan Data. Basis data tidak boleh mengandung data-data yang tercatat secara berulang-ulang yang semestinya tidak diperlukan.
-Tidak menimbulkan Inkonsistensi Data. Inkonsistensi data adalah data yang berbeda pada kolom yang sama tetapi mengacu pada kunci data yang sama. Hal-hal yang menyebabkan terjadi inkonsistensi data diantaranya Pemasukan data yang tidak benar karena kerangkapan data.
-Tidak menimbulkan Isolasi Data. Yang dimaksud dengan data yang terisolasi adalah terdapat data atau file yang tidak dapat diakses oleh program aplikasi dikarenakan tidak adanya keterhubungan antara satu file dengan file lainnya (relasi antar file)

FLOWCHART

Flowchart/diagram alir merupakan salah satu metode untuk merepresentasikan algoritma dengan menggunakan simbol-simbol bangun datar beserta anak panah sebagai penunjuk arah proses.
flowchart biasanya mempermudah penyelesaian suatu masalah khususnya masalah yang perlu dipelajari dan dievaluasi lebih lanjut.
*contoh membuat flowchart persegi panjang :

ALGORITMA

ALGORITMA 
algoritma merupakan kumpulan langkah-langkah instruksi untuk menyelesaikan permasalahan. Algoritma tidak bisa menyelesaikan suatu masalah, algoritma memberikan serangkaian langkah-langkah yang jika dijalankan dengan benar akan menghasilkan solusi dari masalah.
Sebenarnya setiap hari kita menggunakan algoritma, tetapi tidak menyadarinya dan tidak memikirkan setiap langkah dalam algoritma secara eksplisit.
Dalam bidang informatika, algoritma merupakan sarana seseorang untuk mengkomunikasikan gagasan kepada komputer, agar komputer membantu orang tersebut dalam menyelesaikan persoalan dalam dunia nyata.
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logika yang menyatakan suatu tugas dalam menyelesaikan suatu masalah, yang nantinya akan diimplementasikan ke dalam suatu bahasa pemrograman.
Program komputer memiliki 3 komponen dasar sebagai berikut :
input merupakan proses komputer untuk memasukkan data ke komputer melalui device (alat input/masukkan) yang ada. Alat input misalnya : keyboard, mouse, scanner dll. Berikutnya, proses mengolah data yang diinputkan dengan menerapkan metode-metode, teknik-teknik, algoritma-algoritma yang ada. Proses ini menghasilkan data output/keluaran yang akan diberikan kepada pengguna program. output adalah proses untuk menampilkan data yang telah diolah, melaporkan hasil pengolahan data melalui alat output/keluaran, seperti : monitor, printer dll.
contoh algoritma cara menggunakan komputer :
Langkah 1 : Pastikan kabel power terhubung dengan skalar
Langkah 2 : Tekan tombol power pada CPU ke posisi ON
Langkah 3 : tekan tombol power pada monitor ke posisi ON
Langkah 4 : Tunggu sampai komputer siap digunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar